by

Prinsip prinsip Pembuatan Animasi Yang Harus Anda Ketahui

-Berita-224 views

Animasi adalah kumpulan gambar dari berbagai objek yang tersusun secara khusus dan mampu bergerak dalam setiap hitungan waktu yang sudah ditentukan. Objek yang dimaksud dalam hal ini adalah bisa berupa gambar hewan, gambar gedung, gambar manusia, gambar tumbuhan dan sebagainya. Beberapa para ahli pernah mengartikan animasi salah satunya adalah. Agus Suherni menurutnya animasi adalah suatu kumpulan gambar yang sudah diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan. Sedangkan menurut Ibiz Fernandez animari adalah perekamaan dan memainkan kembali suatu gambar setatis untuk mendapatkan proses sebuah ilustrasi pergerakan.

Ada beberapa prinsip yang harus dilakukan dalam membuat sebuah animasi. Berikut adalah prinsip prinsip yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah animasi.

Prinsip Prinsip Animasi

  1. Kemampuan Menggambar

    Kemampun menggmbar sangatlah penting dalam prinsip animasi, pembuatan animasi sangatlah tergantung pada kempuan individu untuk menggambar. Gambar yang baik dan benar, dan kemampuan memadukan gambar supaya terlihat lebih nyata adalah prinsip wajib yang harus dimiliki.

  2. Menekan dan Melentur

    Saat pembuatan animasi kita harus bisa menekan dan mengatur garbar atau objek supaya terlihat hidup atau pun terlihat mati dengan demikian akan terlihat bergrak secara realistis animasi yang kita buat.

  3. Antisipasi

    Antisipasi bertujuan untuk penonton yang menikamti animasi yang telah kita buat dapat memahami. Hal ini disebabkan karena gerakan pada setiap objek dibuat secara beruntun.

  4. Tata Gerak

    Tata gerak bisa diartikan membuat karakter memiliki ekspresi yang berdeda beda. Ini bertujuan supaya animasi yang kita buat tidaklah monoton.

  5. Straghi Ahead and Pose to Pose

    Pada prinsip kelima ini seorang animator atau orang yang membuat animasi harus bisa merencanakan dalam pembuatan gambar. Contohnya gerakan dan ukuran gambar harus terlbih dahulu direncanakannya sejak awal pembuatan animasi.

  6. Gerakan mengikuti

    Prinsip animasi ini bertujuan supaya sebuah animasi akan terlihat lebih realistis karnena saat karakter berhenti bergerak, karakter tersebut tidaklah berhenti secara tiba tiba.

  7. Slow In and Slow Out

    Slow in dan slow out bisa diatur pada staging dan timing dari satu scene ke scene lainnya dalam sebuah animasi. Hal ini sangatlah penting dilakukan saat pembuatan animasi.

  8. Konstruksi lengkung

    Konstruksi sengkung biasanya diterapkan pada tubuh objek, hal ini bertujuan untuk objek animasi yang kita buat akan terlihat lebih smooth. Seperti contohnya gerakan mahlik hidup atau bennda benda disekitnya akan terlihat libih realistis pada animasi yang telah kita buat.

  9. Penentuan Waktu

    Dalam perinsip ini seorang animator haruslah bisa mentukan kapan suatu objek berjalan dan kapan ia harus berhenti. Penempatan timing yang baik akan menghasilkan animasi yang bagus.

  10. Gerakan pendukung

    Gerakan pendukung bertujuan untuk melengkapi karakter yang memiliki ekspersi atau aksi yang sedang dilakukan oleh karakter tersebut subaya terlihat lebih nyata.

  11. Melebihkan

    Dalam perinsip ini sering kali kita lihat saat kita menyaksikan sebuah animasi, mislakan pada saat suatu karekter dibuat berlebih lebihan. Perinsip ini sangatlah penting karena bisa mempengaruhi penonton yang menikmati animasi yang telah kita buat.

  12. Daya Tarik

    Hal yang paling penting dari perinsip perinsip pembuatan animasi adalah membuat daya tarik tersendiri. Ini bertujuan untuk membuat para penonton bisa lebih menikmati animasi. Salah satu penuntang daya tarik adalah kuaitas animasi yang baik dan penonton dapat menikati gambar.

Itulah prinsip prinsip yang harus ana ketuahui bila ingin menjadi sebuah animator, sebuah imajenasi yang tinggi adalah modal penting untuk menjadi sebuah animator.

Comment

Leave a Reply

News Feed