by

Tanya Dokter Gigi: Cara Perawatan Gigi Agar Lebih Sehat dan Kuat

Gigi masuk sebagai komponen pertama dalam proses pencernaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatannya menjadi sangat krusial karena ia berperan aktif dalam sistem tubuh. Gigi tidak hanya bertugas untuk merobek maupun mengunyah makanan. Ia bertugas untuk memperlancar produksi enzim dan beberapa fungsi penting lainnya. Permasalahan pada gigi bisa disebabkan oleh ragam faktor. Sehingga tidak salah ketika tema tanya dokter gigi jadi pembahasan yang digemari oleh publik. Terutama mereka yang mempunyai anak kecil. Sebab, mengajarkan sikat gigi harus dibiasakan dari anak usia dini. Apalagi ketika mereka masih senang-senangnya konsumsi makanan manis.

Sakit gigi adalah gangguan penyakit yang sangat lumrah terjadi padanya. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang numpuk karena bekas makanan. Bakteri akan bergerak lebih agresif saat tidur. Konsep tersebut yang kemudian membuat Anda harus menggosok gigi sebelum tidur. Selain untuk mengurangi tumpukan bekas makanan juga berguna sebagai penghentian aktifitas bakteri yang mampu merusak gigi. Lebih tidak menyenangkannya lagi sakit gigi mampu merambat pada bagian tubuh lain. Misalnya saja, menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini akan secara otomatis terjadi. Sebab. terdapat saraf yang saling terkait. Sehingga fokus utama yang harus diperbaiki ialah kondisi gigi itu sendiri.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tubuh merupakan gambaran kompleks sebab sistem. Dimana antar jaringan saling terkait. Semuanya menjadi satu membentuk satu kesatuan. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak beres dengan satu elemen. Maka secara langsung berdampak untuk bagian lainnya. Tidak menjadi aneh ketika setiap penyakit selalu menimbulkan gejala. Sayangnya, di era sekarang bakteri dan virus kian bergerak agresif. Banyak dari gangguan kesehatan yang tidak memberi gejala secara signifikan. Kondisi semakin diperparah oleh kemalasan setiap individu untuk lebih peka dengan kesehatan.

Jika dilihat lebih jauh sakit gigi tidak termasuk sebagai penyakit yang mengancam pada kematian. Tetapi bukan berarti kemudian ia dibiarkan begitu saja. Anda harus tetap melakukan konsultasi kepada profesional mengenai apa yang harus dilakukan. Apalagi ketika kasus ini menyangkut anak. Tentu saja ia harus mendapat penanganan dokter gigi secara maksimal. Mengingat sistem tubuh pada si kecil belum terlalu kuat. Kini dokter gigi juga terdapat dua spesialis. Mereka yang bertugas untuk keluhan gigi biasa, dan dokter ortodonsia sebagai spesialis gigi khusus estetik.

Fenomena tersebut kian menunjukan bahwa bidang kesehatan merambah pada berbagai lini. Tentu saja hal ini menjadi kabar menyenangkan. Namun, pada dasarnya setiap dari individu harus mulai untuk memperhatikan kesehatannya sendiri. Berikut cara sederhana menjaga gigi:

  • Sikat gigi

Sikat gigi menjadi hal yang harus diajarkan sejak usia dini. Minimal lakukan 2 kali sehari, yaitu malam dan pagi hari. Orang tua harus memberi tahu cara menyikat gigi dengan baik.

  • Kurangi konsumsi makanan manis

Makanan manis menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Sehingga konsumsinya harus diperkecil.

  • Lakukan konsultasi pada profesional untuk menjaga kesehatan serta proteksi diri.

Tanya dokter gigi mengenai kesehatan gigi akan membawa Anda pada aspek sadar bahwa sehat itu penting. Tidak mampu dipungkiri sehat bukan poin yang mudah didapat. Ia memerlukan usaha secara maksimal agar tetap mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Perlu juga untuk memperhatikan pola asupan. Pasalnya, penelitian mengungkap bahwa 70% apa yang terjadi pada tubuh disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

News Feed