by

Software Akuntansi: Tiga Fungsi yang Wajib Anda Ketahui

Software akuntansi sejak dua puluh tahun silam sudah mulai banyak digunakan oleh perusahaan di dunia. Bukan hanya berfungsi sebagai otomasi pengolahan data akuntansi, software akuntansi ternyata memiliki tiga fungsi utama.

Mengetahui ketiga fungsi ini diharapkan agar Anda tidak memiliki skeptisme dan memandang software akuntansi sebagai hal yang fundamental bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Hal tersebut mengingat banyak pelaku usaha yang masih skeptisme dan menganggap software akuntansi hanya sebuah bisnis belaka.

Lantas, apa saja ketiga fungsi utama dari software akuntansi itu?

Software Akuntansi sebagai Alat

Pertama adalah software akuntansi sebagai alat. Fungsi pertama ini merupakan fungsi dasar dari sebuah software akuntansi yaitu sebagai alat manajemen keuangan bisnis.

Software akuntansi memiliki fungsi sebagai alat untuk mempermudah pelaku usaha mengatur keuangan mulai dari membuat laporan akuntansi seperti; laporan laba rugi, arus kas, neraca, dan laporan transaksi akrual maupun deferal.

Berbeda jika Anda mengatur keuangan menggunakan software pengolah data seperti excel, dimana software tersebut tidak bisa Anda jadikan alat namun sebagai medium karena lebih dari 50% porsi pengelolaannya dilakukan oleh pengguna.

Berbeda jika Anda menggunakan software accounting dimana lebih dari 50% pekerjaan dilakukan oleh software tersebut dan pengguna hanya berperan sebagai pemantau atau penginput data. Sedangkan semua pemrosesan seperti perhitungan dilakukan oleh software akuntansi.

Software Akuntansi sebagai Sistem

Fungsi kedua adalah software akuntansi sebagai pembangun sistem. Di awal penemuan pada era revolusi industri pertama, conveyor belt bukan hanya mempermudah pekerjaan para buruh saat itu, namun juga membangun sistem kerja yang akhirnya proses produksi bisa lebih cepat dan teratur.

Begitu juga dengan software akuntansi yang berperan dan memiliki fungsi sebagai standarisasi sistem pada bisnis Anda. Biasanya pada software akuntansi tersemat sebuat machine learning yang mampu mempelajari proses pengelolaan keuangan Anda.

Software akuntansi biasanya akan membuang proses-proses yang invalid atau tidak perlu sehingga sistem pengelolaan keuangan Anda bisa berjalan lebih ramping dan cepat serta membantu Anda membangun sistem pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Seperti yang diketahui, pengelolaan keuangan secara konvensional biasanya rentan terhadap risiko bottleneck, atau masalah yang terjadi pada satu pekerjaan tertentu yang menghambat pada pekerjaan lainnya.

Misalnya saja ketika Anda lupa untuk memonitor sumber utang perusahaan dan mengabaikannya yang mengakibatkan pengelolaan arus kas terhambat. Dengan software akuntansi, Anda bisa membangun sistem tata kelola keuangan secara mandiri dan tentunya lebih ramping dan cepat.

Software Akuntansi sebagai Citra Profesionalisme

Terakhir, software akuntansi berperan sebagai citra profesionalisme. Sebuah citra profesionalisme penting untuk membangun persepsi konsumen dan juga vendor.

Menggunakan software akuntansi dianggap sebagai bentuk profesionalisme karena perusahaan bisa mengendalikan pekerjaannya terutama pada bidang keuangan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, software akuntansi bisa mengurangi kesalahan, mempercepat proses keuangan, dan juga membentuk sistem pekerjaan yang rapi dan lean.

Jika sebuah usaha dianggap atau telah memiliki bentuk profesionalisme, maka akan mudah bagi usaha tersebut untuk membagi fokus pada pekerjaan-pekerjaan lainnya seperti marketing, pengembangan SDM, atau bahkan mendapatkan rekan usaha atau vendor untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas.

Software Akuntansi Terbaik Indonesia saat Ini

Setelah Anda memahami tiga fungsi dasar sebuah penggunaan software akuntansi, Anda juga perlu memahami software akuntansi terbaik yang bisa Anda gunakan saat ini; Jurnal by Mekari.

Software akuntansi Jurnal telah dipercaya oleh ratusan baik reputable company maupun pelaku UKM. Selain itu fitur lengkap dan terintegrasi yang dimiliki Jurnal juga berguna untuk berbagai skala industri.

Mulai dari fitur utama seperti pencatatan dan pembukuan, laporan keuangan, budgeting, manajemen aset dan persediaan, pembuatan invoice hingga integrasi penggajian dan pembayaran pajak.

Sebagai software sekaligus aplikasi keuangan, Jurnal juga bisa memberikan overview kesehatan bisnis Anda melalui laporan keuangan.

Anda juga bisa mengakses data di mana saja dan kapan saja karena selain sebagai software akuntansi, Jurnal merupakan aplikasi akuntansi online.

Anda bisa mencoba gratis software akuntansi Jurnal selama 14 hari dan juga bisa mengikuti training Jurnal untuk memahami penggunaan Jurnal. Salam produktif!. Baca juga Gambaran Singkat Membangun Bisnis Pulsa HP.

News Feed