by

Jenis-jenis Test Corona dari SehatQ.com

Saat ini seluruh dunia menanggapi pandemi virus corona dengan beragam cara telah di lakukan agar warga negaranya tetap memiliki angka kesehatan yang baik, termasuk Negara Indonesia juga telah melakukan berbagai cara untuk melawan pandemi virus corona ini. Memang setiap Negara menerapkan test covid dengan cara yang berbeda-beda.

Jenis Test Corona yang Akurat

Beberapa test yang telah di lakukan dan di upayakan oleh gugus tugas di Indonesia di mulai dari rapid, swab, PCR, Molekuler. Semuanya sudah di lakukan dan di terapkan di Indonesia, dari pelaksanaan tersebut ada tiga cara yang sangat akurat untuk mendeteksi sebuah virus yang ada di tubuh manusia, di antaranya adalah.

Cara yang pertama yang akurat untuk mendeteksi virus yang ada di tubuh manusia adalah test yang di lakukan untuk mengambil sebuah sampel atau di namakan swab pada bagian belakang hidung dan tenggorokan. Sampel ini berbentuk lendir yang kemudian akan di periksa di laboratorium untuk di lakukan tindakan pendeteksian dan akan mencari tanda-tanda akan adanya perkembangan virus pada tubuh pasien yang telah di test.

Sedangkan untuk test tipe lainnya yang di lakukan dengan cara uji antibody yang di lakukan untuk mengetahui apakah seseorang telah terkena atau terinfeksi sebuah virus corona atau tidak sehingga tindakan selanjutnya bisa di ambil dengan benar dan baik. Test ini di lakukan untuk mencari tanda-tanda kekebalan tubuh dengan menggunakan sebuah sampel darah yang di letakan di sebuah perangkat yang hampir mirip denga test kehamilan.

Dari kedua test tersebut mana yang lebih akurat untuk bisa mendeteksi virus corona yang berkembang di tubuh seseorang?

Dengan menggunakan test diagnostik yang menggunakan sebuah sampel atau swab yang kemudian akan dilakukan pemeriksaan dan juga analisa di sebuah laboratorium dengan menggunakan metode PCR atau polymerase chain reaction yang banyak di percaya sangat akurat hasilnya dan bisa di andalkan.

Namun, bukan berarti bahwa test ini juga akan mampu mendeteksi setiap kasus pada virus corona ini. Dari hasil test seorang pasien yang berada di dalam tahapan awal terkena infeksi atau telah terjangkiti virus yang memiliki kadar relative rendah dan hasil yang muncul bisa menjadi negatif. Kemudian pengambilan sampel juga sangat penting sekali, jika sampel virus yang di ambil dibelakang tenggorokan tidak terambil dengan jumlah yang cukup, hasil test juga bisa negatif.

Ada beberapa alasan utama yang menjadikan test ini sangat penting untuk di lakukan pengujian untuk di setiap khalayak ramai. Untuk mendiagnosis mereka secara individu, dan agar bisa mengetahui seberapa luas penyebaran virus corona tersebut.

Dengan adanya informasi ini, bisa membantu layanan kesehatan untuk melakukan perencanaan, dan termasuk di dalamnya adalah dalam hal menyiapkan unit perawatan intensif yang memadai. Pengujian juga mampu memberikan informasi kepada pembuat kebijakan untuk mengambil langkah dalam menjaga jarak. Contohnya, jika banyak orang di sebuah Negara yang di ketahui telah terinfeksi sebuah virus corona, maka langkah karantina wilayah atau kebijakan lockdown kurang perlu di terapkan pada Negara atau suatu wilayah tertentu. Kemudian jika tidak melakukan pengujian secara luas berarti, sudah banyak orang yang mengisolasi diri sendiri dengan tanpa alasan, termasuk di dalamnya adalah para tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan.

Mungkin yang menjadi masalah untuk orang yang tidak mau di test covid adalah pada masalah biaya, oleh sebab itu layanan sehatq.com telah memberikan promo kesehatan untuk mereka yang kurang mampu, sehingga kesehatan akan tetap terjaga dengan baik. Dan Negara akan menjadi sejahtera, karena rakyatnya sehat dan bahagia.

News Feed